Rabu, 10 Januari 2024

WISATA DANAU BERATAN


Keindahan Danau Beratan di Pulau Bali

   Pulau Bali sudah sangat terkenal di dunia dengan tradisi dan budayanya serta tempat wisatanya yang indah. Mulai dari wisata alam sampai berbagai macam wisata kuliner dapat kamu jumpai di pulau Bali. Maka tidak heran bahwa banyak orang mengatakan Pulau Bali adalah salah satu pulau terindah dan surganya dunia. Terlebih lagi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengunjungi pulau Bali. Salah satu tempat wisata terbaik yang berada di pulau Bali ialah Danau Beratan yang terletak di kawasan Bedugul,Kabupaten Tabanan.

   Di Danau Beratan Bedugul terdapat sebuah pura yakni Pura Ulun Danu yang memiliki stupa budha, yang dipercaya sebagai penggambaran dari keharmonisan umat agama hindu dan budha sejak zaman dahulu. Stupa budha dan pura selalu mendapatkan pemeliharaan rutin sehingga kebersihannya pun terjaga.

 Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan Sang Hyang Dewi Danu yang dipuja sebagai dewi kesuburan bersama dengan Sang Hyang Gnijaya dan Sang Hyang Putrajaya,mereka bertiga disebut sebagai Sang Hyang Tri Purusha. Apabila anda datang di hari yang bertepatan dengan upacara keagamaan di Bali, Anda mungkin akan bertemu dengan penduduk asli Bali yang sedang melakukan ibadah ataupun upacara keagamaan disini.

 Di sekitar area parkir terdapat berbagai kios-kios milik penduduk yang menjajakan hasil kebunnya atau oleh-oleh khas Bedugul. Hasil panen yang melimpah dan banyak dijual di kios-kios tersebut ialah strawberry dan keripik khas Bedugul. Bagi Anda yang muslim, Anda dapat menjalankan ibadah Anda tanpa harus khawatir karena di sana terdapat masjid yang lokasinya berada disekitar Pura Ulun Danu.

 Apabila Anda datang di musim liburan, Anda harus bersiap sebab kawasan tersebut rentan macet,sehingga anda mungkin tidak akan mendapat view dan  keindahan Danau Beratan jika cuaca sedang mendung. Waktu terbaik untuk berkunjung ialah di pagi hari ketika kabut telah turun sehingga Anda dapat meilihat pemandangan indah Danau Beratan Bedugul.

 Kegiatan favorit para wisatawan saat liburan ke Danau Beratan Bedugul ialah berswafoto dengan latar belakang Pura Ulun Danu. Karena saking banyaknya wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang pura, ,mungkin anda akan kesulitan untuk mengambil foto tanpa ada orang lain di samping anda.

 Selain mengambil foto, banyak juga wisatawan yang menyewa perahu speed boat untuk mengelilingi danau Beratan, dengan tujuan agar dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat. Danau Beratan memiliki kedalaman air hingga 23 meter, jadi mohon berhati-hati saat menaiki speedboat di tengah danau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar