Jumat, 12 Januari 2024

Daya Tarik Pura Luhur Uluwatu

 

 
 

 Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan pura yang berada di wilayah Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.Pura ini terletak di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut. Pura Uluwatu merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin.

 Pura ini digunakan untuk memuja pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali pada akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksa atau Ngeluhur di tempat ini. Yang kemudian dari sinilah terbentuk nama Pura Luhur Uluwatu.Pura Uluwatu ini terletak pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut.

 Pura Uluwatu juga mempunyai beberapa pura pesanakan, yaitu pura yang erat kaitannya dengan pura induk. Pura pesanakan itu yaitu Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. 

 Pura Uluwatu juga terkenal karena tepat di bawahnya terdapat objek wisata lain yaitu Pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar, bahkan juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event internasional.


  Adapun beberapa hal menarik yang dapat kamu lakukan ketika berkunjung ke Pura Uluwatu ialah sebagai berikut :

Menikmati Matahari Terbenam

Tidak dapat diragukan lagi, kawasan Pura Uluwatu merupakan tempat wisata yang tepat untuk anda yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbenam. Dengan posisi menghadap ke barat, wisatawan pun dapat dengan mudah menikmati detik-detik terbenamnya matahari hingga langit gelap.

Setiap hari,banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menantikan matahari terbenam sembari mengabadikan momen mereka menggunakan kamera dan menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan alam dari Pura Uluwatu yang begitu memukau

Lokasi Pertunjukan Tari Kecak

Kawasan Pura Uluwatu sudah dikenal oleh masyarakat dunia sebagai lokasi pertunjukan tari kecak terbaik. Wisatawan mancanegara akan berkumpul dan menyaksikan paket pertunjukan kolosal dengan latar pura dan lautan luas dan memukau.

Pertunjukan tari kecak yang dilakukan di dekat Pura Uluwatu berlangsung selama 1 jam per paket pada pukul 17.00-18.00 WITA. Pertunjukan dilakukan setiap hari, kecuali saat Nyepi dan Pengerupukan tiba, karena para penari harus melakukan ibadahnya dengan khusyuk selama satu hari penuh.


Berburu Keindahan Alam

Pura Luhur Uluwatu merupakan pilihan terbaik anda jika ingin mendapatkan paket lengkap dalam satu lokasi wisata. Selain menyaksikan pertunjukan kolosal tari kecak dan menanti sunset, wisatawan masih bisa menikmati keindahan alam jika datang ke sini saat pagi hingga sore hari. Dimana mereka dapat berkeliling ke kawasan pura dan perbukitan yang berada di sekitar Pura Uluwatu.


Menyaksikan Peselancar Menaklukkan Ombak

Selain itu tidak jauh dari Pura Luhur Uluwatu, terdapat sebuah pantai yang berombak besar. Setiap hari, ada puluhan peselancar lokal atau mancanegara yang melakukan surfing di pantai tersebut. Dari kawasan pura, wisatawan bisa menyaksikan serunya para peselancar dalam menaklukan ombak dengan sembari disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar