Sabtu, 13 Januari 2024

Pesona Pura Gunung Payung Yang Berada Di Desa Kutuh

 

MENGUAK PESONA PURA GUNUNG PAYUNG YANG BERADA DIDESA KUTUH

    Di wilayah Kuta Selatan terdapat pura Dang Kahyangan,yang terletak di sebuah perbukitan gersang di Desa Kutuh yaitu Pura Gnung Payung. Bangunan suci tersebut sangat erat kaitannya dengan perjalanan spiritual Danghyang Dwijendra atau Maharesi suci Danghyang Nirartha dari Jawa. Wilayah pulau Bali yang terdekat dengan pulau Jawa adalah wilayah Bali Barat, sebelum sampai di Gunung Payung maka perjalanan suci beliau dimuali dari Pura Pulaki dan Melanting, kemudian sejumlah pura lainnya yang berhubungan dengan perjalanan suci beliau adalah Pura Rambutsiwi, Ponjok Batu, Uluwatu, Goa Lawah, Silayukti, Purancak, Petitenget, Gunung Payung dan banyak lagi lainnya.

     Dang Hyang Dwijendra adalah penganut Hindu yang sempurna, sehingga perjalan beliau ke Bali sangat tepat karena pengaruh Hindu sangat kuat. Itulah sebabnya sejarah perkembangan agama Hindu di Bali berkaitan erat dengan keberadaan Dang Hyang Nirartha.

    Perjalanan beliau memberikan kesejukan, beberapa tempat suci yang beliau dirikan dekat pesisir, seperti dekat pantai Selatan yaitu Gunung Payung, loakasinya di perbukitan yang tandus menyerupai sebuah payung, namum bukan hanya itu saja, berdirinya tempat suci tersebut,diawali dengan perjalanan Danghyang Nirartha ke Pura Luhur Uluwatu yang sekarang ini menjadi salah satu objek wisata terkenal di Bali.Adapun juga dipentaskan tari Kecak dengan latar belakang pura dan sunset. Danhyang Nirartha memberikan wejangan serta nasihat agar masyarakat menjaga keasrian alam sekitarnya, kemudian beliau melanjutkan perjalanan ke arah Timur melalui perbukitan.

    Dalam perjalanan ke Timur dari arah Uluwatu, sampailah di perbukitan desa Kutuh, beliau terposana dengan keindahan tempat ini karena memiliki aura spiritual yang kuat.Warga sangat antusias dan bahagia karena mengetahui keberadaan beliau,lalu warga meminta petunjuk dan tuntunan agama. Warga juga menyampaika keluh kesahnya karena tempat ini sangat gersang dan tandus,begitupun sumber mata air ditempat ini sama sekali tidak ada. Setelah mendengar keluh kesah warga beliau menancapkan gagang payung yang beliau bawa ke tanah, dengan kekuatan spiritualnya seketika air menyumbur dari dalam tanah.

 



    Sebelum beliau meninggalkan tempat tersebut, beliau memberikan wejangan kepada warga sekitar agar menjaga mata air suci tersebut,kemudian para warga berinisiatif mendirikan pura agar terjaga kesuciannya yang sekarng dinamakan Pura Gunung Payung.Sampai sekarang sumber mata air ini masih terawat dan terjaga kerbersihannya, walaupun saat musim kemarau datang, selalu saja ada air dan juga air ini difungsikan sebagai Tirta bagi warga yang medek atau melakukan persembahyangan keagamaan, jelas ini adalah hal unik karena di atas bukit yang sangat tandus, anda masih bisa menemukan sumber mata air diperbukitan.

Pujawali di Pura Dhang Kahyangan Gunung Payung

    Piodalan (perayaan hari lahir tempat suci) atau upacara di Pura Gunung Payung jatuh setiap Hari Purnama Kawulu (bulan kedelapan dalam kalender Bali).Apabila anda datang saat piodalan dilaksanakan anda akan melihat warga sekitar melakukan persembahyangan atau upacara keagamaan.Upacara tersebut dilakukan bukan semata mata untuk diri kita sendiri akan tetapi rasa wujud syukur kita kepada Tuhan Hyang Maha Esa dengan apa yang telah diberikannya agar senantiasa menjaga dan merawatnya dengan baik. 

    Sekarang kawasan Pura Gunung Payung,ditata dan diproyeksikan menjadi tempat destinasi  wisata di Bali, karena memang keindahan alamnya yang asri dan mengagumkan, bahkan di kawasan ini dibangun stage yang rencananya untuk pementasan tari Kecak. Bahkan berdekatan dengan Pura Gunung Payung yang dikembangkan menjadi tempat wisata, seperti lapangan golf dan juga tempat wisata paragliding, ketika anda datang ke sini anda bisa menyaksikan permainan paralayang tersebut dari Pura Gunung Payung 

    Di bawah pura terdapat pantai yang indah dan menawan yaitu pantai Gunung Payung, pasirnya berwarna putih bersih,untuk menuju ke pantai kita harus menuruni ratusan tangga agar bisa mencapai lokasinya.Disana anda akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang dihiasi dengan beberapa batu besar di pesisir pantai dan perbukitan

    Pantai Gunung Payung terletak di desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung - Bali yang terletak di satu wilayah dengan Pantai Pandawa. Seperti diketahui kawasan desa Kutuh ini terletak pada kawasan perbukitan,sehingga tidak mengherankan kawasan ini juga menghadirkan pemandangan alam laut yang terletak di balik bukit. Seperti juga apa yang ditawarkan di Pantai Gunung Payung, lokasinya tersembunyi di balik bukit, dan bagi para pengunjung yang ingin berada lebih dekat dengan keberadaan pantai ini harus menuruni ratusan anak tangga.

    Keindahan pantai Gunung Payung ini menyuguhkan nuansa lain dalam acara jalan-jalan anda bersama keluarga ataupun pasangan. Bagi anda pecinta wisata alam pantai di Bali , mungkin anda selalu dimanjakan dengan akses ke lokasi objek wisata hanya dengan beberapa langkah saja berjalan dari area parkir. Namun berbeda ketika anda berkunjung ke pantai Gunung Payung anda harus melewati ratusan buah anak tangga agar bisa sampai ke pantai. Namun jangan khawatir perjalanan akan sangat menyenangkan, karena selama perjalanan anda disuguhi pemandangan laut yang indah nan sangat menakjubkan, juga keindahan tebing-tebing bukit hijau yang penuh rumput ilalang dan pepohonan, serta sebuah gazebo tempat beristirahat.

    Kawasan objek wisata Gunung Payung sendiri sedang mengalami proses penataan, berbagai insfratuktur pendukung dibangun dan ditata dengan baik. Areal parkir cukup luas, di tempat parkir ini anda sudah bisa menyaksikan keindahan alam laut, ada sarana toilet, dibangun juga stage untuk tempat pementasan tari Kecak dengan latar belakang samudera Hindia, sehingga tempat ini nantinya akan menjadi pilihan tempat menonton tari Kecak setelah pilihan tari kecak Uluwatu,GWK dan di Ubud, terdapat juga pedagang makanan dan minuman. Bahkan pura Gunung Payung yang terletak di atas tebing bukit menjadi tempat istimewa untuk bersantai dan menyaksikan keindahan alam laut.

      Jadi jika anda ingin mengunjungi pantai Gunung Payung, perlu sedikit usaha ekstra dan stamina yang cukup fit untuk menapaki tangga demi tangga. Karena perjalanan menuju bibir pantai cukup melelahkan, namun semuanya akan terbayarkan karena anda disambut dengan hamparan pantai indah,sebuah keindahan alam tersembunyi yang jarang mengetahui keberadaannya. Bawalah sedikit perbekalan atau paling tidak air minum, karena disana tidak ada pedagang.

    Tekstur pasir putih bersih dan sedikit agak kasar, masih sepi pengunjung, padahal tempat ini sangat indah,hal tersebut mungkin karena akses menuju ke lokasi cukup butuh tenaga ekstra, membuat pengunjung masih enggan untuk berkunjung ke sini,seperti pantai Pandawa yang sekarang ini menjadi sebuah objek wisata paling populer dan terkenal di Bali. Jadi tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menyepi menikmati keindahannya, menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota. Selain itu,ketika air lautnya surut anda akan disuguhkan dengan bebatuan ataupun karang yang indah,hal itu dapat membuat perasaan anda semakin bahagia ketika anda berkunjung kesana.


    Tempat ini dikelilingi bukit, terisolasi dari keramaian, sejumlah aktifitas yang bisa anda lakukan di objek wisata pantai Gunung Payung seperti bersantai, berjemur, berenang dan bermain surfing, objek wisata yang direkomendasikan untuk tempat menyepi. Namun dengan ditatanya kawasan Gunung Payung ini mulai dari akses jalan ke lokasi sudah di hotmix, penataan areal parkir, serta sarana hiburan tempat pementasan tari Kecak, diperkirakan tempat ini akan ramai dikunjungi para wisatawan. Apalagi di kawasan ini dibangun sebuah lapangan Golf namanya Bukit Pandawa Golf and Country Club, sehingga tempat ini diperkirakan akan sangat cepat terkenal menyamai tetangganya pantai Pandawa. Nah untuk itulah sebelum tempat ini ramai pengunjung dan semasih menawarkan ketenanangan, sekarang saatnya anda mengunjungi objek wisata pantai Gunung Payung.

Jika anda sewa mobil di Bali atau ingin merencanakan tour untuk mengunjungi tempat wisata di kawasan Bali Selatan, anda bisa mulai dari objek Tanjung Benoa, GWK, Dreamland dan Pantai Pandawa Kutuh  yang termasuk juga ke pura dan pantai Gunung Payung, sebuah pantai cantik dan tersembunyi yang masih jarang dikunjungi wisatawan.

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar