Rabu, 17 Januari 2024

Sejarah Pura Pucak Mangu Yang Dikenal Sebagai Pura Kahyangan Jagat

 Pura Pucak Mangu adalah pura yang lokasinya berada di Banjar Tinggan, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Adapun Pucak Mangu ini berada di bagian wilayah Badung Utara, terletak di atas bukit, sebagai penyungsungan jagat seluruh umat Hindu di Bali, sehingga tidak mengherankan saat upacara piodalan atau pujawali, seluruh umat Hindu berbondong-bondong, untuk melakukan persembahyangan ke Pura Puncak Mangu.

 Pura Pucak Mangu ini dipercaya sudah dibangun sejak zaman megalitikum dengan bukti ditemukannya sebuah lingga besar. Selain itu Pura Pucak Mangu juga  dijadikan tempat bertapa seorang Raja Mengwi yaitu I Gusti Agung Putu yang kalah dalam peperangan. Setelah melakukan tapa brata di Pura Pucak Mangu,dia  pun mendapatkan ilmu baru sehingga kembali berperang dan memenangkannya.

 Pura Pucak Mangu yang terletak di daerah pegunungan dengan masih masuk wilayah Badung dan Tabanan ini pun memiliki udara yang cukup segar, sehingga tak salah jika Pura ini menjadi salah satu favorit bagi pecinta alam. Dengan ketinggian 2.096 mdpl, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk mendaki dengan jalur yang cukup nyaman, karena memang sudah terdapat jalur yang cukup jelas serta pepohonan yang cukup lebat, dan sesekali akan disambut dengan kabut sehingga akan memberikan kesejukan selama pendakian.

Meski begitu, keindahan alam yang ditawarkan dengan ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut membuat kamu dijamin betah.

Baca artikel detikbali, "10 Pura Yang Ada di Kabupaten Badung Beserta Lokasinya" selengkapnya https://www.detik.com/bali/berita/d-6517961/10-pura-yang-ada-di-kabupaten-badung-beserta-lokasinya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Meski begitu, keindahan alam yang ditawarkan dengan ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut membuat kamu dijamin betah.

Baca artikel detikbali, "10 Pura Yang Ada di Kabupaten Badung Beserta Lokasinya" selengkapnya https://www.detik.com/bali/berita/d-6517961/10-pura-yang-ada-di-kabupaten-badung-beserta-lokasinya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

 Banyak tempat suci pura yang ada di pulau Dewata Bali, yang merupakan warisan leluhur umat Hindu, mengambil lokasi di daerah terpencil, seperti di wilayah hutan, pantai, bukit dan juga gunung yang untuk menjangkaunya butuh perjuangan ekstra, seperti halnya juga dengan pura Pucak Mangu ini.

 Terletak di dataran tinggi pegunungan, sehingga hal tersebut tentu dapat membuat perjalanan tirta yatra anda menjadi lebih mengesankan, serta memberikan ketenangan sempurna. 

 


 Dalam peta Pulau Bali nama Gunung Mangu hampir tidak dikenal. Mungkin karena Gunung Mangu ini tidak begitu tinggi. Namun kalau kita baca lontar tentang Pura Kahyangan Jagat nama Gunung Mangu ini akan mudah diketemukan. Nama Gunung Mangu ini disebutkan dalam Lontar Babad Mengwi.
 
 Seperti yang dijelaskan sebelumnya seorang raja Mengwi yang bernama I Gusti Agung Putu kalah dalam peperangan,karena kalah I Gusti Agung Putu ditawan dan diserahkan kepada I Gst. Ngurah Tabanan sebagai tawanan perang. Oleh seorang patih dari Marga bernama I Gusti Bebalang meminta kepada I Gusti Ngurah Tabanan agar dibolehkan mengajak I Gusti Agung Putu ke Marga. Setelah di Marga inilah timbul niatnya I Gusti Agung Putu ingin membalas kekalahannya dengan cara-cara kestria kepada I Gusti Ngurah Batu Tumpeng. Sebelum membalas kekalahannya, I Gusti Agung Putu terlebih dahulu bertapa di puncak Gunung Mangu tempat Pura Pucak Mangu sekarang. Di puncak Gunung Mangu inilah I Gusti Agung Putu mendapat pawisik keagamaan dengan kekuatan magis religius. Setelah itu I Gusti Agung Putu kembali menantang I Gusti Ngurah Batu Tumpeng bertempur. Berkah hasil tapanya di Gunung Mangu itulah I Gusti Agung Putu meraih kemenangan melawan I Gusti Ngurah Batu Tumpeng dan musuh-musuhnya yang lain.
 
 

 Sekilas 2 danau Kembar dan Tamblingan dengan lekukan perbukitan terlihat begitu indah dari kejauhan pura Pucak Mangu, alamnya terlihat cantik dan instagramable, sehingga pura Pucak Mangu selain sebagai tempat ibadah bisa dijadikan sebagai objek wisata di Bali,dan tentu anda pun bisa menikmati sensasi melakukan perjalanan spiritual sembari menenangkan hati serta pikiran dengan menyaksikan pemandangan alam yang begitu asri nan indah tersebut.




 Pura Pucak Mangu adalah warisan dari budaya Bali kuno, memiliki beberapa pelinggih dan sebuah lingga yang merupakan peninggalan purbakala bersejarah jaman megalitikum, jaman feodal pra Hindu, berkisaran pada pada abad ke-10, kalau dihubungkan lagi dengan mithologis lingga yang merupakan pancering jagat bumi Bali agar menjadi stabil.

 Pura Puncak Mangu menempati posisi penting dalam bentangan spiritual di pulau seribu pura ini, merupakan kahyangan jagat yang memiliki fungsi sebagai Pura Padma Bhuwana dan Catur Loka Pala.

Sebagai Catur Loka Pala, pura Puncak Mangu berada sisi posisi Utara, Andakasa sebelah Selatan, Batukaru sebelah Barat dan Lempuyang sebelah Timur, sedangkan fungsinya sebagai Padma Bhuwana sebagai simbol alam semesta atau Bhuwana agung sebagai tempat memuja Ida sang Hyang Widi wasa yang manifestasinya sebagai Dewa Sangkara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar