Kamis, 11 Januari 2024

Pesona Pura Tanah Lot


  Tanah Lot atau juga disebut Tanah Laut melambangkan pesona alam Pulau Bali. Seperti namanya, Tanah Lot memang mempunyai setting lepas pantai yang sangat unik. Tanah Lot juga merupakan ‘rumah’ dari salah satu ikon terkenal di Bali yaitu Siluet Pura Tanah Lot.

                        



 Tanah Lot terletak di Kabupaten Tabanan. Puranya terletak sekitar 300 meter di lepas pantai. Pura Tanah Lot diyakini berasal dari abad ke-16 menurut penuturan dari Dang Hyang Nirartha, seorang tokoh agama yang dihormati di Bali.Berdasarkan mitologi Bali, Dang Hyang Nirartha dikenal sebagai orang yang mempunyai kekuatan spritual yang luar biasa sehingga beliau mampu memindahkan seluruh batu ke tengah laut, membangun sebuah kuil dan menamakannya Tanah Lot. Pura Tanah Lot dibangun untuk memuja Bhatara Segara. Konon katanya, untuk melindungi pura tersebut,Dang Hyang Nirartha menciptakan ular  yang sangat berbisa dengan menggunakan kekuatan selendangnya. Ular ini diyakini hidup di dasar Tanah Lot, untuk menjaga pura dari gangguan orang jahat.

 Saat ini, Tanah Lot menjelma menjadi spot wisatawan lokal dan mancanegara karena keunikan puranya yang berada ditengah laut dan menjadi favorit untuk berfoto.Sebelum anda memasuki kawasan pura,terdapat banyak kios dan warung yang menjajakan produk lokal khas bali di sepanjang jalan masuk menuju Tanah Lot.



 Waktu terbaik untuk mengunjungi Tanah Lot ialah pada saat hari Piodalan, yang dirayakan setiap 210 hari sekali.Upacara ini biasanya berlangsung pada hari suci Budha Cemeng Langkir berdekatan dengan hari perayaan Galungan dan Kuningan.Pada saat hari itu anda akan melihat penduduk lokal melakukan upacara.Kawasan wisata Tanah Lot dikelola sangat baik untuk tujuan wisata, lengkap dengan fasilitas parkiran kendaraan, toilet, toko seni, restoran, hotel, panggung terbuka, layanan informasi wisata, serta keamanan dan pelayanan kesehatan.

 Anda akan menemukan banyak restoran untuk menikmati makan sambil memandangi panorama yang sangat indah nan cantik.Saat melihat sinar mentari yang perlahan tenggelam di bagian Barat dengan suasana laut lepas anda akan melihat deburan ombak yang sangat indah dan merasakan ketenangan. Tidak perlu diragukan lagi, pemandangan ini akan sangat menjadi pengalaman yang mengesankan dan tidak terlupakan.

 Lokasi Pura

 Objek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan.Di sebelah utara Pura Tanah Lot,ada sebuah pura lain yang dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Pura ini disebut Pura Batu Bolong.

Jalan-jalan

 Walaupun terkenal dengan sunset-nya, namun tak ada salahnya untuk mengunjunginya saat pagi hari untuk merasakan kesejukan hati yang disuguhkan oleh Tanah Lot. Pura Pekendungan, Pura Batu Bolong, Pura Jero Kandang, Pura Enjung Galuh, dan Pura Batu Mejan merupakan beberapa pura yang dapat anda kunjungi saat berada di kawasan Tanah Lot.

 Menurut sejarah yang diketaui oleh orang suci atau disebut juga pemangku disana, pura-pura ini mempunyai cerita legenda dan mitosnya masing-masing, lho! Ketika Dang Hyang Nirartha meninggalkan desa Beraban, beliau memberikan keris kepada para pemimpin Beraban.Keris tersebut sangat terkenal dikalangan masyarakat yaitu Keris Ki Batu Gajah diyakini memiliki kemampuan untuk mengusir hama dari tanaman. Keris ini disimpan di Pura Pekendungan yang sebelumnya di simpan di Puri Kediri. Namun pada hari Piodalan, Keris Ki Batu Gajah selalu dihadirkan dalam upacara.

 Pura Batu Bolong adalah pura laut luar biasa yang dibangun diatas tebing batu yang menjorok. Pura ini dianggap sebagai kembaran dari Tanah Lot, sebab terdapat banyak relief Pura yang serupa. Pura ini terletak di Canggu yang merupakan tempat lahirnya mata air suci. Banyak upacara penting Bali yang diadakan di lokasi yang menakjubkan ini.

 Pura Jero Kandang di Tabanan adalah pura yang biasa dikunjungi untuk mencari kesehatan dan perlindungan bagi ternak dan tanaman pertanian. Sedangkan, Pura Enjung Galuh adalah kuil yang terkenal untuk menyembah Dewi Sri, dimana umat Hindu berdoa untuk meminta kesejahteraan dan kemakmuran. Sementara itu, Pura Batu Mejan merupakan kawasan mata air suci sebagai Tirta Penglukatan yang diyakini dapat menghilangkan semua hal2 negatif dan dapat membawa kebahagiaan.

 Terlebih lagi, Bali memang sangat dikenal dengan Pulau seribu pura,pasti anda akan takjub dengan pesona alam bali.Maka dari itu luangkan waktu kalian untuk menikmati ciptaan Tuhan yang indah seperti Tanah lot.Selamat berwisata teman-teman!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar